Pengertian dan Ciri-ciri Kota

Pengertian dan Ciri-ciri Kota – Kota merupakan salah satu kenampakan di permukaan bumi sebagai tempat permukiman penduduk dengan beraneka ragam kegiatan. Jika ditinjau dari sejarah kelahirannya, sebetulnya kota berasal dari wilayah pedesaan. Akibat pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, kebutuhan sandang, pangan, dan perumahan, serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, wilayah pedesaan makin lama semakin berkembang dan meluas. Bahkan dengan terjadinya penggabungan beberapa desa yang dihubungkan melalui jaringan jalan raya.

Pengertian kota tumbuh dan berkembang dari waktu ke waktu sejalan dengan perkembangan kebudayaan manusia. Pada dasarnya kota merupakan wilayah di permukaan bumi yang sebagian besar wilayahnya ditutupi oleh fenomena dan gejala sosial hasil rekayasa manusia, serta merupakan areal konsentrasi penduduk dengan mata pencaharian di luar sektor agraris.

A. PENGERTIAN KOTA

Untuk mengetahui pengertian kota, berikut ini disajikan beberapa definisi kota.

  1. Bintarto
    Kota merupakan kesatuan jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan diwarnai dengan strata sosial ekonomi yang heterogen dan coraknya materialistis. Dengan kata lain, kota adalah bentang budaya yang ditimbulkan unsur-unsur alami dan nonalami.
  2. Northam
    Kota adalah lokasi yang memiliki kepadatan penduduk yang lebih tinggi daripada populasi lokasi tersebut, yang menjadi pusat administrasi, perekonomian, dan kebudayaan serta tidak hanya terpusat pada satu sektor.
  3. Grunfeld
    Kota adalah suatu permukiman dengan kepadatan penduduk yang lebih tinggi daripada kepadatan penduduk nasional, struktur mata pencaharian nonagraris, dan sistem penggunaan tanah yang beraneka ragam, serta ditutupi oleh gedung-gedung tinggi yang lokasinya berdekatan.
  4. Arnold Toynbee
    Kota selain merupakan permukiman juga merupakan suatu kekompleksan yang khusus dan tiap kota menunjukkan pribadinya masing-masing.
  5. Max Weber
    Kota adalah suatu tempat yang penghuninya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar lokal. Ciri kota adalah adanya pasar sebagai benteng serta mempunyai sistem hukum tersendiri dan bersifat kosmopolitan.
  6. Louis Wirth
    Kota adalah permukiman yang relatif besar, padat, dan permanen, dihuni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya.

B. CIRI-CIRI KOTA

Ciri-ciri apa yang dimiliki sebuah kota? Ciri-ciri kota menurut Bintarto dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

  1. Ciri-ciri Fisik
    Di wilayah kota terdapat:
    1. Gedung-gedung pemerintahan.
    2. Sarana perekonomian seperti pasar atau supermarket.
    3. Alun-alun.
    4. Tempat rekreasi dan olahraga.
    5. Tempat parkir yang memadai.
  2. Ciri-ciri Sosial
    1. Masyarakatnya heterogen.
    2. Mata pencaharian nonagraris.
    3. Bersifat individualistis dan materialistis.
    4. Norma-norma agama tidak begitu ketat.
    5. Pandangan hidup lebih rasional.
    6. Terjadi kesenjangan sosial antara golongan masyarakat kaya dan masyarakat miskin.
    7. Corak kehidupannya bersifat gesellschaft (hubungan kekerabatan mulai pudar).
    8. Menerapkan strategi keruangan, yaitu pemisahan kompleks atau kelompok sosial masyarakat secara tegas.

CIRI-CIRI KEHIDUPAN KOTA

Sebagai suatu kawasan atau region, wilayah perkotaan memiliki ciri-ciri, baik dari segi pola tata guna lahan, kondisi fisik, maupun sosial budaya masyarakatnya. Secara umum, ciri-ciri kehidupan kota antara lain sebagai berikut.

  1. Masyarakat kota lebih mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan sosial, karena adanya keterbukaan terhadap pengaruh dari luar.
  2. Masyarakat kota bersifat gesellschaft (patembayan), dimana kepentingan individu lebih menonjol, sedangkan solidaritas dan kegotongroyongan semakin lemah.
  3. Adanya pelapisan sosial ekonomi, seperti perbedaan tingkat penghasilan, tingkat pendidikan, dan jenis pekerjaan.
  4. Adanya jarak sosial dan kurangnya toleransi sosial antarwarganya.
  5. Adanya penilaian yang berbeda-beda terhadap suatu masalah dengan pertimbangan perbedaan kepentingan, situasi, dan kondisi kehidupan. Sistem pembagian kerja di kota sangat jelas menurut keterampilan dan keahlian masing-masing.
  6. Warga kota umumnya sangat menghargai waktu.
  7. Cara berpikir dan bertindak warga kota tampak lebih rasional dan berprinsip ekonomis.
  8. Terdapat keteraturan kehidupan sosial sebagai pendukung kehidupan hukum.
  9. Masyarakat kota lebih mengenal hukum negara dibanding hukum adat.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian dan Ciri-ciri Kota. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian tentang apa itu kota. Jangan lupa share ya kawan!

Leave a Reply