Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli

Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli – Perubahan sosial adalah suatu perubahan yang terjadi sebagai akibat dari ketidaksesuaian unsur-unsur sosial yang berbeda dalam kehidupan sosial, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan.

Segala hal yang berkaitan dengan kehidupan pasti mengalami perubahan, artinya bahwa perubahan itu terjadi karena adanya kehidupan. Tanpa adanya kehidupan, maka perubahan tidak akan terjadi. Setiap masyarakat dengan sendirinya pasti mengalami perubahan. Perubahan-perubahan ini menjadi fenomena yang wajar dalam kehidupan bermasyarakat.

Perubahan sosial merupakan suatu hal yang sangat erat kaitannya dengan usaha manusia dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan hidupnya. Hal ini dikarenakan setiap manusia mempunyai kepentingan yang tidak terbatas. Perubahan bukan semata-mata berarti suatu kemajuan, namun dapat pula berarti suatu kemunduran.

Pengertian perubahan sosial menurut para ahli diantaranya adalah sebagai berikut.

1.  Kingsley Davis

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Dari pengertian ini dapat dijelaskan bahwa dalam perubahan sosial yang mengalami perubahan adalah struktur sosial dan sistem sosialnya.

2.  Robert MacIver

Perubahan sosial adalah perubahan dalam hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan hubungan sosial.

3.  Parsudi Suparlan

Perubahan sosial adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

4.  William F. Ogburn

Perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan, baik yang material maupun immaterial, terutama yang menekankan pada pengaruh yang besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap kebudayaan immaterial.

5.  Selo Soemardjan

Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga masyarakat dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, termasuk di dalamnya nilai, sikap, dan pola perilaku dalam suatu kelompok masyarakat.

6.  J.P. Gillin dan J.L. Gillin

Perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima, baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan materiil, komposisi penduduk, dan ideologi maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

7.  Samuel Koenig

Perubahan sosial dalam masyarakat menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia karena sebab-sebab intern dan ekstern.

8.  Bruce J. Cohen

Perubahan sosial adalah perubahan struktur sosial dan perubahan pada organisasi sosial.

9.  Hans Garth dan C. Wright Mills

Perubahan sosial adalah apapun yang terjadi (baik itu kemunculan, perkembangan, ataupun kemunduran), dalam kurun waktu tertentu terhadap peran, lembaga, atau tatanan yang meliputi struktur sosial.

10.  Robert M.Z. Lawang

Perubahan sosial adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.

Dari beberapa pengertian di atas, dapat kita simpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat termasuk di dalamnya perubahan sistem stratifikasi sosial, sistem nilai dan norma sosial, proses-proses sosial, struktur sosial, pola sikap dan tindakan sosial warga masyarakat, serta lembaga-lembaga kemasyarakatannya dalam suatu kurun waktu tertentu.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Perubahan Sosial Menurut Para Ahli. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan juga menambah pemahaman kalian terhadap materi ini. Jangan lupa share ya kawan!

Yang kalian cari:
https://penafakta.com/pengertian-perubahan-sosial-menurut-para-ahli, pengertian perubahan sosial, perubahan sosial, perubahan sosial menurut para ahli, definisi perubahan sosial menurut para ahli

Leave a Reply